PENGARUH TEMPLATE AMP PADA BLOGGER

 

PENGARUH TEMPLATE AMP PADA BLOGGER – Tak bisa di pungkiri kehadiran Smartphone membawa perubahan dalam dalam dunia web. Dahulu kala para developer berbondong-bondong untuk merubah tampilan web nya menjadi responsive agar tetap bisa memberikan kenyamanan ketika di akses melalui Smartphone. Tampilan web yang responsive secara otomatis akan menyesuaikan dengan resolusi layar yang di gunakan si pengguna. Bahkan Google pun kala itu menyerukan jika tampilan web yang responsive akan di prioritaskan dalam halaman pencarian’nya. Responsive web design sudah menjadi kebutuhan utama jika kita ingin membuat website atapun blog. Bahkan tempate blog yang di sediakan saat ini pun sudah menyediakan fitur Responsive web design.

Sudah menjadi hukum alam jika teknologi selalu berkembang & berinovasi . Sama halnya ketika Google mengumumkan tentang AMP (Accelerated Mobile Pages) . Jika mengacu pada tren penggunaan internet untuk sekedar mengakses web, tentu Smartphone sudah melenggang jauh di atas Pc/Desktop dalam penggunaannya. Bagi para blogger yang menggunakan analytics tentu sudah paham akan hal ini. Dominasi smartphone tidak lagi terbantahkan. Inilah mengapa Google mengarahkan Publishernya untuk segera migrasi Ke AMP.

Pilihan yang sulit bagi para Blogger untuk bermigrasi ke AMP. Mengingat AMP pada Platform Blogger tidaklah semudah pada wordpress. Jika menggunakan WordPress kita bisa saja menggunakan Plug in untuk merubah tampilan blog kita menjadi Valid AMP. Bagi mereka yang menggunakan Platform Blogger tentunya akan bekerja lebih keras untuk membuat Blognya menjadi Valid AMP. Namun kerja keras itu akan terbayarkan jika kalian sudah berhasil merombak blog menjadi Valid AMP. Tentunya Google akan memprioritaskan Halaman AMP pada mesin pencarian’nya. Saya rasa ini cukup setimpal dengan kerja keras kita saat migrasi Ke AMP. Yang di maksud kerja keras di sini adalah kalian harus merombak setiap artikel yang sudah kalian publish agar Valid AMP. Karena tidak cukup hanya dengan memasang template AMP di Blogger. Alasan kita harus merombak setiap artikel yang telah kita publish karena AMP tidak mengijinkan penggunaan Java Script dan CSS eksternal di setiap halaman’nya. Sekarang anda bisa bayangkan berapa artikel yang sudah kalian Publish dan siap untuk di rombak ketika kalian memutuskan untuk Migrasi ke AMP.

Saya sendiri sempat ragu saat ingin bermigrasi ke AMP, terlebih saya menggunakan Blogger. Namun jika tidak memulai dari sekarang tentunya kita akan semakin ketinggalan. Dan menurut saya pribadi pindah ke AMP ini cuma urusan waktu… ribet sekarang atau ribetnya nanti . Sama seperti halnya ketika dahulu, ketika semua berbondong-bondong pindah ke Responsive web design. Seperti halnya RWD , AMP adalah standarisasi web masa depan. Lihat saja banyak web portal berita besar yang sudah menggunakan AMP. bahkan Web Marketplace terbesar di indonesia pun sudah menggunakan’nya. Jadi sekarang cuma soal waktu kan… kapan kalian pindah ke AMP..?

Saya justru merasa ada keuntungan tersendiri menggunakan Blogger ketimbang WordPress. Banyak yang bilang blogger lebih mudah di modifikasi, sayapun setuju dengan hal ini. Itulah alasan kuat saya untuk menyegerakan migrasi ke AMP. Secara tampilan tidak ada perubahan yang terlalu signifikan. Nah kalian yang masih mempertimbangkan untuk pindah ke AMP berikut adalah PENGARUH TEMPLATE AMP PADA BLOGGER berdasarkan pengalaman pribadi saya.

KELEBIHAN 

  • Mempercepat loading web.
  • Menempati peringkat baik di SERP (Search engine Result Page).
  • Meningkatkan CTR Google Adsense.

KEKURANGAN

  • Tampilan nya sederhana.
  • Perlu kerja ekstra untuk memposting artikel.
  • Tidak bisa menggunakan Java Script & Css ekternal

Buat kalian yang ingin berpindah ke AMP tidak salahnya untuk mencoba. Mengingat AMP ini adalah project Open Source yang tentunya akan selalu ada perkembangan atau update terbarunya. Tidak di perbolehkannya penggunaan Java script sedikit mengganggu bagi saya. Kita tidak bisa memasang Page level ads Adsense namun AMP sudah menyediakan nya sendiri untuk Page level Ads. Sebelum menggunakan AMP saya juga memasang Script redirect uc browser ke chrome dan jal ini tidak bsia saya terapkan di AMP. Namun allhamduliah selama ini penghasilan Adsense masih aman. Untuk comment nya sendir hanya bisa menggunakan Disqus.

Untuk saat ini mungkin hanya ini yang bisa saya bagikan tentang PENGARUH TEMPLATE AMP PADA BLOGGER. Kedepannya akan saya update mengenai pengaruhnya terhadap penghasilan & juga SEO. Maklum ini baru bulan pertama saya menggunakan AMP jadi belum bisa melihat dampak nya secara menyeluruh. Akhir kata terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini.